Friday, November 22, 2013

12 Prinsip Dasar Animasi

Squash And Stretch
Penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga seolah‐olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup.

Anticipation
Boleh juga dianggap sebagai persiapan/awalan gerak atau ancang‐ancang. Seseorang yang bangkit dari duduk harus membungkukkan badannya terlebih dahulu sebelum benar‐benar berdiri.

Staging
Dalam animasi meliputi bagaimana ‘lingkungan’ dibuat untuk mendukung suasana atau ‘mood’ yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.

Straight Ahead Action and Pose to Pose
Membuat animasi dengan cara seorang animator menggambar satu persatu ,frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri. Teknik ini memiliki kelebihan : kualitas gambar yang konsisten karena dikerjakan oleh satu orang saja.

Pembuatan animasi oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe‐keyframe tertentu saja, selanjutnya in‐between atau interval antar keyframe digambar/ dilanjutkan oleh asisten/ animator lain.

Follow Through and Overlapping Action
Tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak.
Secara mudah bisa dianggap sebagai gerakan saling‐silang. Maksudnya, adalah serangkaian gerakan yang saling mendahului (overlapping).

Ease In Ease Out
Bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda‐beda.

Arcs
Pada animasi, sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya).

Scondary Motion
Gerakan‐gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik.

Spacing And Timing
Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam ‐ macam jenis gerak.

Exageration
Merupakan upaya mendramatisir animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis.

Solid Drawing
Meskipun kini peran gambar yang dihasilkan sketsa manual  sudah bisa digantikan oleh komputer, tetapi dengan pemahaman dasar dari prinsip ‘menggambar’ akan menghasilkan animasi yang lebih ‘peka’.

Appeal
Dengan keseluruhan look atau gaya visual dalam animasi.

0 komentar:

Post a Comment