Squash And Stretch
Penambahan efek lentur (plastis) pada
objek atau figur sehingga seolah‐olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan
efek gerak yang lebih hidup.
Anticipation
Boleh juga dianggap sebagai persiapan/awalan
gerak atau ancang‐ancang. Seseorang yang
bangkit dari duduk harus membungkukkan badannya terlebih dahulu sebelum
benar‐benar berdiri.
Staging
Dalam animasi meliputi bagaimana
‘lingkungan’ dibuat untuk mendukung suasana atau ‘mood’ yang ingin dicapai
dalam sebagian atau keseluruhan scene.
Straight Ahead Action and Pose
to Pose
Membuat animasi dengan cara seorang
animator menggambar satu persatu ,frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri. Teknik
ini memiliki kelebihan : kualitas gambar yang konsisten karena dikerjakan oleh satu
orang saja.
Pembuatan animasi oleh seorang animator
dengan cara menggambar hanya pada keyframe‐keyframe tertentu saja, selanjutnya
in‐between atau interval antar keyframe digambar/ dilanjutkan oleh
asisten/ animator lain.
Follow Through and Overlapping
Action
Tentang bagian tubuh tertentu yang
tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak.
Secara mudah bisa dianggap sebagai
gerakan saling‐silang. Maksudnya, adalah serangkaian gerakan yang saling mendahului
(overlapping).
Ease In Ease Out
Bahwa setiap gerakan memiliki
percepatan dan perlambatan yang berbeda‐beda.
Arcs
Pada animasi, sistem pergerakan
tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti
pola/jalur (maya).
Scondary Motion
Gerakan‐gerakan tambahan yang
dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih
realistik.
Spacing And Timing
Timing adalah tentang menentukan waktu
kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara spacing adalah tentang menentukan
percepatan dan perlambatan dari bermacam ‐ macam jenis gerak.
Exageration
Merupakan upaya mendramatisir animasi
dalam bentuk rekayasa gambar yang
bersifat hiperbolis.
Solid Drawing
Meskipun kini peran gambar yang dihasilkan
sketsa manual sudah bisa digantikan oleh
komputer, tetapi dengan pemahaman dasar dari prinsip ‘menggambar’ akan menghasilkan
animasi yang lebih ‘peka’.
Appeal
Dengan keseluruhan look atau gaya visual
dalam animasi.
0 komentar:
Post a Comment